Breaking News

Galian C Diduga Ilegal Dengan Cara Menyedot Pasir Menggunakan Diesel Di Desa Kebakalan



Kebumen, wartaonenews.co - Sidik Fakta.com - Pelestarian alam sudah sepantasnya dilakukan oleh masyarakat dan didukung oleh pemerintah, baik pemerintahan desa maupun pemerintah daerah demi terpelihara dan lestarinya lingkungan hidup dan tidak merusak ekosistem yang ada dilingkungan kita.

Akan tetapi berbanding terbalik dengan pemerintahan desa Kebakalan Kecamatan Karanggayam yang terkesan melakukan pembiaran terhadap sekelompok masyarakat yang melakukan penambangan pasir secara ilegal dengan cara menggunakan alat sedot yang digerakkan menggunakan mesin diesel, sangat berpotensi merusak lingkungan karena munculnya lobang - lobang galian yang tidak terkendali yang cenderung merusak lahan pertanian, tanpa mempertimbangkan kelestarian alam.

Terlebih lagi menurut sumber dari beberapa masyarakat sekitar yang enggan disebutkan identitasnya mengatakan usaha penyedotan pasir itu diprakarsai oleh oknum perangkat desa Kebakalan, sehingga masyarakat hanya bisa melihat dan diam karena takut dengan oknum perangkat desa tersebut. Masih menurut sumber yang sama, beberapa hari yang lalu sudah ditangani pihak kepolisian.
Selanjutnya masyarakat berharap pihak pemerintah desa harus bersikap tegas, terhadap tindakan masyarakat yang tidak memperhatikan lingkungan, terlebih lagi apabila dugaan pelanggaran dilakukan oleh perangkat desa, yang seharusnya memberikan contoh kepada masyarakat.

 
Karena usaha penambangan liar yang tidak memperhitungkan kerusakan yang timbul dan hingga saat ini belum direklamasi. Sehingga berpotensi merusak lahan pertanian yang ada disekitarnya.

Saat awak media berusaha menemui Kepala Desa Kebakalan dan perangkat desa yang dimaksud, sedang tidak berada ditempat. Kemudian awak media berusaha menghubungi melalui telephone tidak bisa dihubungi, sehingga hingga saat berita ini ditayangkan, awak media belum berhasil mengklarifikasi pihak pemerintahan desa.

Pewarta: Purwo S
Editor: Nur S 

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close