Breaking News

Laskar Lembah Maliu dan Lumbung Literasi komitmen menjadikan Banjarnegara kota literasi.

 


Banjarnegara Warta.onenews -- Laskar Lembah Maliu  dan Lumbung literasi Banjarnegara menyelenggarakan seminar dan deklarasi kegiatan ini berlangsung pada 10 Agustus 2023 pukul 08.00-12.00 WIB berlangsung di pendopo Dipayuda Banjarnegara. Peserta adalah perwakilan dari SMA/SMK/MA, BEM, Ormas kepemudaan dan pegiat rumah baca yang berada di sekitar kabupaten Banjarnegara. Terdata 70 TBM (taman baca masyarakat) bergabung bersama dengan Lumbung literasi yang bergerak secara sukarela dan mandiri didasari rasa prihatin atas lemahnya minat baca di Banjarnegara. Hendrawan Hendra ketua Lumbung literasi menyampaikan dalam selayang pandang Lumbung Literasi. Banjarnegara menempati ranking ke dua dari bawah dari 35 kota kabupaten di Jawa Tengah. "Menurut data Banjarnegara menempati ranking kedua dari bawah dari 35 kota di Jawa Tengah, ini satu hal yang sangat miris dan memprihatinkan,maka komitmen kita bersama dengan menggandeng seluruh elemen masyarakat yang ada bersama mengawal dan menjadikan Banjarnegara menjadi kota literasi".

Lumbung literasi yang diprakarsai oleh Budi Setiawan founder Gubuk Pintar Rejasa merupakan rumah yang mewadahi pegiat literasi didesa di wilayah Banjarnegara untuk bergerak bersama peduli literasi. "Sesuai filosofinya bahwa lumbung ini adalah wadah atau tempat untuk mewadahi hasil dari buah yang kita rawat".. Tegasnya. 

Pemateri dalam seminar Ahmad Maftuchan S.H, M. Kesos. Direktur Eksekutif The Prakarsa. dan Indra Hari Purnama founder Rumah Baca Purnama. 

Dalam sambutannya asisten l bidang pemerintahan dan kesra kabupaten Banjarnegara menyambut baik seminar dan deklarasi yang bertema "Dengan Literasi, Bangun Generasi Emas 2045".

"Dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, akan tetapi perlu dukungan seluruh komponen bangsa,” ujar Tursiman mewakili Pj Bupati


“Saya berharap gerakan ini terus membesar, sehingga mampu menggaungkan literasi hingga ke desa-desa dan menyapa rumah-rumah warga. Menyebar inspirasi dan edukasi, sehingga masyarakat semakin kreatif dan produktif dengan karya-karya yang bermanfaat,” sambungnya

Buyung peserta deklarasi dan seminar yang ditemui desela kegiatan mengatakan deklarasi ini sangat memotivasi dan meningkatkan gairah literasi khususnya untuk pemuda. " Deklarasi ini sangat memotivasi dan meningkatkan gairah literasi diruang lingkup pemuda untuk peduli literasi, tidak hanya terpaku pada buku saja tapi banyak hal yang bisa diejawantahkan, salah satunya adalah literasi konservasi yang sedang dilakukan oleh rekan-rekan di Laskar Lembah Maliu di Banjarmangu, membangun kesadaran dan berhubung dengan alam sekitar ".. Tukasnya. 


Pewarta: Buyung 

editor : Nur S 

Hadir pula dalam kegiatan Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Banjarnegara Bpk Tursiman S.Sos.  Dandim 0704/Bna diwakili Danramil 04/Karangkobar Kapten Inf FX Slamet Basukiyanto. Kapolres Banjarnegara diwakili Kasubag Binkar SDM AKP Sri Rahayu. Kepala dinas Disarpus Kab Banjarnegara Bpk Drs Arif Rahman ST,.M.Si.

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close