Breaking News

Dinas Damkar Pemkab.Pemalang, Terus Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Kepada Warga

 


PEMALANG, Wartaonenews- Kali ini bersama Puluhan warga dan unsur perangkat desa Se-Kecamatan Bodeh, Dinas Damkar memberikan sosialisasi pencegahan kebakaran dan edukasi masyarakat dibalai pertemuan Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Rabu (26/7).

Kegiatan yang digelar oleh Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Pemkab. Pemalang didampingi Danpos Comal, selanjutnya sosialisasi pelatihan dan pemadaman api sebagai narasumber Sonhaji, Kordlap Damkar Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Menurut Sodikin Danpos Comal, menjelaskan, dilakukannya sosialisasi tersebut tidak lain, "adalah untuk memberikan pengetahuan api dan terjadinya kebakaran. Hal ini perlu disampaikan kepada warga masyarakat untuk pengetahuan cara pemadaman darurat dengan menggunakan alat tradisional karung basah dan alat Pemadam Api Ringan APAR.

Selanjutnya, kegiatan ini guna untuk persiapan di masing-masing desa nanti segera dibentuk relawan damkar, paparnya.

Kembali lebih lanjut Sodikin Danpos comal bersama Sonhaji Korlap Damkar dalam aksi demonya mempraktikan alat menggunakan alat tradisional cara memadamkan dari jarak dekat baik api besar maupun api kecil, guna mengedukasi masyarakat, untuk memberikan teori dan praktik pemadaman api darurat dengan alat alakadarnya, semacam karung basah maupun alat pemadam ringan, "seperti (APAR).

Saat praktik demo Sodikin mengatakan, Pemadaman api dapat dilakukan dalam beberapa cara, menurutnya, "Pertama dengan melakukan penangananan langsung pada api kecil. Kedua penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk beberapa jenis sumber api seperti, kompor gas, tutur Danpos Comal.

Pertama sumber api dari selang bocor, kedua api dari regulator dan ketiga dari minyak dan padatan, kita hindari dari panik jangan ragu, lakukan sesuai metode yang kami praktikan disini,"ujarnya.

Sosialisasi hari ini, Rabu (26/7), diwilayah Bodeh sangat antusias, lebih seru ketika demo didominasi oleh ibu-ibu perangkat desa, Dedek dan Nur seorang perangkat desa Babakan ternyata lebih berani dibanding perangkat lelaki yang lain.

Dedek dan Nur warga yang mengaku dari Desa Babakan, ia mencoba memadamkan kobaran api dari selang tabung gas dengan satu jari telunjuk hingga mati seketika. Aksi praktik demo keduanya disambut meriah bercampur tegang oleh puluhan peserta sosialisasi yang digelar dihalaman Kantor Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Selanjutnya praktik demo disusul oleh ibu-ibu perangkat desa lainnya. Karing Goni dengan dua orang cara memadamkan kobaran api besar Bahan Bakar Minyak BBM dalam Drum dengan alat tradisional, "seperti karung goni yang dibasahi air sebelumnya lalau dititipkan langsung diatas api tersebut hingga mati sekatika.

Dilokasi demo dihalaman Kecamatan yang disaksikan ratusan peserta lain, Dedek perangkat desa Babakan yang mengaku penasaran, akhirnya memberanikan diri praktik langsung memadamkan api dari selang dengan cara menggunakan jari tangannya menutup sumber api dari selang, dan ternyata mati, tuturnya kepada media Revolusinews.

Penulis :Rae Kusnanto.

Editor: Nur S d

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close