Breaking News

Tasyakuran Sedekah Bumi di Desa Kalirandu Gelar Pengajian dan Tahlil

 



PEMALANG warta.onenews - Gelar pengajian umum dan tahlil dalam rangka acara tradisi Sedekah Bumi Desa Kalirandu, sekaligus wujud syukur Pemerintahan Desa Kalirandu, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.


Acara tersebut dihadiri oleh unsur Muspika Petarukan, Camat Andri Adi, Kapolsek Petarukan Agus Soleh, Danramil 03/Petarukan yang mewakili, Kepala Desa Kalirandu beserta perangkatnya, kelembagaan desa, BPD, LPMD, TP-PKK Desa Kalirandu serta Ketua RT/RW se-Desa Kalirandu, Kelompok Tani se-Desa Kalirndu, dan tidak ketinggalan undangan penting "seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan warga Desa Kalirandu pada umumnya.


Acara sedekah bumi adalah tradisi yang dilakukan pada awal bulan Muharam atau bulan Sura. Acara yang digelar di halaman Balai Desa Kalirandu dengan tema "Pengajian Umum dan Rebana" dengan pembicara Ust. Haris Fadholi dari Banyu Mudal Moga, Pemalang, bertempat di halaman Balai Desa Kalirandu, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, pada Sabtu (10/6/2023) malam yang dimulai pukul 20:00 WIB s/d selesai.


Dalam sambutannya, Camat Andri Adi berpesan, tasyakuran Sedekah bumi, "adalah sebagai pengingat untuk masyarakat, khususnya Desa Kalirnadu agar selalu bersyukur kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya sehingga, Alhamdulillah kehidupan bermasyarakat Desa Kalirandu dalam kondisi aman, nyaman, dan kondusif ” mudah mudahan kedepan masyarakat Desa Kalirandu sejahtera selalu, ”tuturnya.

Tasyakuran Sedekah bumi sebagai bentuk rasa syukur kepadanya, agar kita diberi kebaikan kelancaran dan keselamatan untuk hidup dari lahir hingga kita nanti menghadap Alloh SWT, tutup Camat Andre.


Sementara itu, Tabiin selaku Kepala Desa Kalirndu, dalam sambutannya menyampaikan "bahwa kegiatan sedekah bumi di Desa Kalirandu ini sudah menjadi tradisi setiap tahun sebelumnya. Sesuai apa yang dikatakan “Bahwa acara sedekah bumi menjadi kegiatan rutin sebagai wujud syukur kepada Alloh SWT- sang pencipta, paparnya.


Kembali menyampaikan, kegiatan malam hari ini adalah sedekah bumi atau malam tasyakuran yang mana kita patut bersyukur sudah diberi beberapa kenikmatan oleh Alloh SWT, "yang pertama kita sudah bisa memberikan kebahagian keluarga kita, "kedua sebagai hamba yang mana sudah menempati bumi ini, oleh karena itu pada malam hari ini mari kita bersyukur dan mensyukuri atas nikmatnya, tutur Tabiin.


Sebagia informasi: Tabiin menambahkan, Selain Panitia "dukungan dari warga masyarakat Desa Kalirandu sangat antusias untuk menggelar kegiatan sedekah bumi ini, dengan anggaran swadaya dari masyarakat kembali untuk masyarakat, ”pungkasnya.

Pewarta :Rae Kusnanto.

Editor: Nur S 

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close